7 Cara Mengatur Keuangan Agar Hidup Bebas Was

Bila selama ini Parents tipikal orang bebas merdeka menggunakan listrik, cobalah untuk menetapkan peraturan penggunaan listrik di rumah. Mengatur dengan seksama sedikit banyak membantu pengeluaran rumah tangga lho agar tagihan di akhir bulan tidak mengagetkan. Beruntung jika Mama memiliki pekerjaan tetap sehingga meskipun sulit tetap memiliki sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Mengatur keuangan

Ini berarti mengambil sertifikasi tambahan atau mendapatkan pelatihan melalui atasan Anda saat ini. Atau, itu mungkin berarti kembali ke perguruan tinggi untuk mendapatkan gelar pascasarjana yang memenuhi syarat Anda untuk profesi yang lebih stabil. Jika Anda berusia 20-an, dapat bertahan dengan tingkat kontribusi persen dari penghasilan. Sedangkan seseorang yang mulai menabung dalam usianya 50-an harus menyumbang 60 persen dari gajinya untuk pensiun. Pensiun itu mahal, jadi sebaiknya Anda mulai menabung untuk pensiun ketika memulai pekerjaan pertama. Sekalipun Anda berupaya keluar dari utang, tetaplah berkontribusi pada pertandingan yang ditawarkan oleh atasan.

Sisihkan uang bonus dan pendapatan tambahan yang diperoleh ke dalam tabungan atau produk investasi. Ada cara mengaturmanajemen keuangankeluarga yang bisa dilakukan dengan rumus sederhana, yakni 50 – 30 – 10 – 10. Dengan rumus tersebut, 50% dari total pendapatan keluarga akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan biaya hidup. Rencana anggaran pengeluaran tidak boleh melebihi kemampuan atau pendapatan keluarga dalam sebulan. Belajar hidup hemat dan mengalokasikan gaji untuk menabung atau investasi. Dengan menabung atau berinvestasi akan membantu pasangan baru menikah bisa mewujudkan impian bersama.

Apalagi jika perencanaan yang berurusan dengan keuangan, jangan sampai kamu lengah dan malah merugi akibat pengeluaran yang tidak sesuai dengan rencana. Memproyeksikan langkah selanjutnya akan sangat dibutuhkan ketika kamu memiliki usaha, untuk itu kamu harus membuat proyeksi keuangan dengan detail. Perkirakan pemasukan dan pengeluaran usaha minimal selama setahun ke depan, sehingga kamu tau berapa perkiraan uang yang akan dikeluarkan dan didapatkan. Nah dengan proyeksi tersebut, kamu bisa mengetahui apa saja pengeluaran yang tidak perlu, setidaknya kamu bisa menghindari dana yang tidak terduga. Rutin menabung tak cukup untuk melindungi kondisi finansial keluarga karena nilaiuang terus menurun akibat pengaruh inflasi. Jadi, Anda patut menyiapkan investasi untuk mengamankan nilai uang di masa kini dan masa depan.

Kamu bisa menyisihkan beberapa persen dari keuntungan usaha kamu setiap bulannya, angka persentasenya bisa kamu tentukan sendiri sesuai dengan keuntungan yang didapat. Anggaplah kamu menabung dari setiap keuntungan yang didapat, sehingga kamu bisa menggunakan tabungan itu apabila ada hal-hal mendadak. Dengan ini kamu tidak perlu pusing apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 30% adalah dana untuk kebutuhan hiburan pribadi Anda seperti traveling, hangout, makan di luar, belanja, hingga bayar tagihan cicilan yang masih tersisa. Sementara bagian 20%-nya digunakan untuk kebutuhan masa depan seperti tabungan, investasi, dan asuransi. Memang terdengar sulit untuk mengatur keuangan rumah tangga agar selalu mencukupi sehingga kebutuhan hidup terjamin.

Kebutuhan primer harus mendapatkan prioritas tertinggi untuk dipenuhi. Sedangkan kebutuhan tersier mendapatkan prioritas terendah dan hanya bisa dipenuhi ketika seluruh kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi. Saat membicarakan cara mengatur keuangan, maka jangan lupa untuk membuat rencana jangka panjang dan pendek. Tetapi, kalau Anda dan pasangan sama-sama bekerja, maka dapat ditentukan gaji siap untuk alokasi membayar kebutuhan. Biasanya untuk pasangan baru menikah dan sama-sama bekerja memilih mengatur keuangan sendiri. Namun, sebaiknya ketika sudah berumah tangga urusan keuangan dibuat aturan bersama.

Pada umumnya, memang mencampurkan keuangan pribadi dalam laporan keuangan perusahaan atas kebutuhan pribadi tidak dicatat sebagai beban. Namun melainkan nilainya akan mengurangi modal dari pemilik, atau jika akan dibayarkan di kemudian hari maka dicatat sebagai piutang. Anda yang baru membangun bisnis dan mengatur keuangan usaha tentu harus melakukan perencanaan keuangan secara basic. Nah untuk rencana tersebut sebaiknya dilakukan secara beberapa periode pendek yaitu bulanan, mingguan, atau triwulan. Adapun berbagai suggestions cara mengatur keuangan pribadi dengan usaha dalam bisnis. Kamu sudah keempat cara di atas dan masih ada sisa uang yang bisa kamu kelola?

Manfaatkan pula berbagai fitur yang tersedia untuk memastikan tabunganmu tetap aman. Sebagai contoh, gunakan fitur Dream Saver yang tersedia di Jenius atau mulai berinvestasi dengan modal kecil melalui aplikasi Bibit. Batam Tourism Polytechnic akan membagikan beberapa ideas praktis yang dapat kamu terapkan demi kebiasaan finansial yang baik di masa depan.

Namun tak sepeser pun uang yang bisa di kumpulkan untuk di jadikan sebagai tabungan di masa depan. Catat semua kebutuhan serta jumlah dana yang dialokasikan, dengan begitu, Anda telah memiliki anggaran keuangan & kebutuhan untuk 1 bulan ke depan. Anda bisa memilih opsi menyisihkan uang setiap minggu untuk dibayarkan setiap waktu pembayaran pajak. Karena Anda memiliki cukup uang untuk memenuhi pembayaran pajak tepat waktu.