Cara Bijak Kelola Keuangan Jelang Lebaran Di Masa Pandemi Covid

Padahal, dana darurat yang ideal adalah pengalian dengan pengeluaran rutin bulanan. Momen ini juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan pengertian pada anggota keluarga apa yang sedang terjadi dan bagaimana kondisi arus kas keuangan Anda saat ini. Jelaskan pada anak dengan bahasa yang mudah dipahami terkait pengeluaran untuk makan dan camilan harian yang tidak bisa sebebas seperti biasanya. Dengan peningkatan kasus infeksi corona di Indonesia, tidak berarti membuat seluruh sektor usaha turut terdampak.

Semuanya berkembang dengan baik dalam kariermu, dan ini tidak sedikit karena energi dan dinamisme kamu sendiri. Hitung pengeluaran kamu sampai ke element terakhir, dan jangan keluar dari anggaran. Kamu merasa sangat ekstrovert hari ini, kamu tidak tahan untuk tetap terkurung di dalam, dan memiliki keinginan yang kuat untuk bertemu orang baru.

Hal itu penting di saat situasi tidak menentu karena kemungkinan pendapatan terhenti masih terbuka lebar. Namun, bukan berarti Anda tak dapat melakukan persiapan lebaran sama sekali. Justru pada bulan Ramadhan tahun ini diskon akan bertebaran di berbagai toko daring maupun luring untuk menarik perhatian pembeli secepat-cepatnya.

Beberapa hari kedepan, pusat hiburan dan perbelanjaan seperti mall, restoran, bioskop sampai tempat wisata pun akan dibuka kembali. Tentu ini berpotensi membuat keuangan menjadi kurang sehat dalam menjalankan cara hidup hemat. Selain pengeluaran menjadi irit, bekal makanan yang diolah di dapur sendiri, pastinya lebih bersih dan terjamin higienisnya. Jadinya kamu wajib evaluasi pengeluaran untuk dialihkan ke kebutuhan kesehatan. Kita tetap harus memikirkan rencana jangka panjang dan tujuan besar ya, Bunda. Salah satu contohnya, menyimpan dana untukpendidikan tinggi si kecil, rencana memiliki rumah kedua, dan dana pensiun.

TIdak boros di masa pandemi

Pembatasan penggunaan kendaraan seperti saat pandemi ini dapat meminimalisir pembakaran dan menjadi kesempatan memperbaiki lapisan ozon. Kegiatan dalam tune-up ini biasanya adalah memperbaiki koil dan busi kendaraan untuk memperbaiki putaran mesin agar tenaganya semakin optimal dan pemakaian bahan bakar bisa efisien. Tone-up lebih menekankan ke efisiensi bahan bakar yang digunakan daripada penekanan pada mesin kendaraan. Oli sintetis merupakan oli yang dibuat dari minyak bumi yang diproses secara kimiawi.

Dengan membuat daftar belanja, Anda jadi tahu apa saja yang perlu Anda beli atau tidak, serta mana yang harus diprioritaskan. Anda juga jadi lebih fokus membeli barang dengan harga yang lebih murah dengan memanfaatkan program promo yang sesuai. Karena pengeluaran yang tak terduga, masyarakat harus bisa mengatur finansial dengan pintar dan efisien agar bisa menjalani masa pandemi corona dengan tenang. Ditambah lagi, kondisi ekonomi yang sedang tidak baik bisa mempengaruhi keuangan keluarga. Bila selama ini kita agak sulit untuk menabung dana darurat karena gaji bulanan yang diterima tidak cukup, maka THR ini bisa jadi sumber penghasilan untuk mendongkrak jumlah tabungan.

Kemudian, uang itu bisa dialokasikan untuk biaya listrik, dan lainnya. Misalnya, pemangkasan biaya kosan yang telah dibahas di poin sebelumnya bisa kita alokasikan untuk tabungan dana darurat atau biaya makan sehari-hari. Dengan begitu, kita akan selalu memiliki dana darurat meski dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini. Namun situasi pandemic ini juga ternyata menekan perekonomian beberapa masyarakat loh!. Akibatnya, mereka juga harus bisa pintar-pintar menata keuangan mereka agar bisa berlaku lebih hemat, apalagi pada masa sulit seperti ini. Nah buat kalian yang imannya tidak kuat menahan godaan-godaan untuk menghabiskan uang kalian, coba deh ikutin tips-tips berikut ini!.