Cegah Stres Finansial Dengan Cara Mengatur Keuangan Ini

Cara mengatur keuangan seperti ini memang mudah untuk diucapkan tapi sulit untuk diterapkan. Namun, pikirkan kembali tujuan kamu menabung setiap kali melihat perangkat elektronik baru atau diskon saat hendak berbelanja. Jika Anda memiliki arus kas negatif,dari waktu ke waktu, Anda akan mengalami bulan yang buruk di mana pengeluaran Anda membebani penghasilan Anda. Jika tujuan Anda adalah kebebasan finansial, Anda tidak dapat membiarkan ini terjadi sesering mungkin.

Mengatur keuangan

Cara paling mudah yang dapat dipraktekkan adalah selalu membawa catatan saat belanja bulanan dan hindari kebiasaan berkeliling untuk “melihat-lihat”. Pastikan tidak membeli sesuatu di luar catatan tersebut agar tidak boros. Mempunyai tabungan darurat akan memudahkan Anda menerapkan cara mengatur keuangan di masa sulit sebelum menemukan jalan keluar.

Meminjam uang di bank atau pihak lain itu baik selama digunakan untuk hal yang produktif dalam berbisnis. Tetap berhemat meski sudah memiliki penghasilan dari bisnis yang dijalankan adalah sebuah cara mengatur keuangan yang sangat baik. Penghasilan yang didapatkan dari bisnis tentu tidak selalu lancar setiap bulannya. Oleh sebab itu, menahan diri dengan tetap berhemat bisa menjadi cara yang bagus untuk berjaga-jaga bila mengalami masalah keuangan di masa depan. Membuat proyeksi keuangan atas apa yang akan terjadi merupakan hal yang sangat penting dari cara mengatur keuangan dalam bisnis. Caranya bisa dengan membuat pos-pos rencana pengeluaran untuk satu periode ke depan.

Misalnya, hari ini kamu terlanjur sudah makan di restoran dan berjanji besok akan masak dan membawa bekal sendiri dari rumah. Ternyata, keesokan harinya lupa bangun untuk memasak dan akhirnya kembali makan di restoran. Hal ini terjadi berulang kali dan terus menerus hingga akhirnya kamu tetap kembali untuk makan di restoran yang mahal tersebut.

Sesekali menuruti hobi atau liburan untuk menyegarkan diri setelah kuliah juga perlu lho. Ingat kalau salah satu tujuan pengelolaan keuangan agar kalian memiliki dana yang cukup untuk melakukan kegiatan-kegiatan ini. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan laporan aktivitas pencatatan keuangan per hari, bulanan, mingguan dan tahunan sehingga memudahkan Anda dalam memonitoring keuangan keluarga. Jika Anda mengalami masalah dalam mengelola keuangan hingga merasa stres, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog dan pakar perencanaan keuangan untuk mendapatkan solusi yang tepat. Pusing memikirkan uang tabungan yang mulai menipis, padahal tanggal gajian masih lama? Nah, Anda perlu mengetahui cara mengatur keuangan agar tidak stres.

Kalau hal yang Anda inginkan itu belum menjadi prioritas, mungkin Anda bisa mengalokasikannya di bulan depan. Untuk memudahkan penghitungan pengeluaran, Anda bisa menggunakan Truemoney Wallet di setiap transaksi, lho. Karena dengan menggunakan TrueMoney setiap transaksi yang Anda lakukan akan tercatat di aplikasi.