Four Aplikasi Yang Bisa Digunakan Untuk Mengelola Keuangan Keluarga

Salah satu fungsinya adalah untuk melatih kemampuan kalian untuk menabung dan berinvestasi. Dana darurat sendiri bisa dipakai untuk kebutuhan yang tidak direncanakan dan bersifat darurat, misalnya laptop kalian tiba-tiba rusak dan perlu direparasi. Atau ketika sudah lulus kuliah dan belum mendapatkan pekerjaan, maka dana darurat dapat dipakai untuk membayar kebutuhan hidup kalian sampai kalian mendapatkan pekerjaan. Alokasikan jumlah yang tetap setiap bulannya, dan usahakan untuk memisahkan rekening dana darurat dengan rekening yang lain ya. Catat pengeluaran dan cicilan apa saja yang wajib kamu bayarkan tiap bulan. Saat membuat rencana pengelolaan keuangan ini, pastikan kamu bisa memilih mana kebutuhan dan mana yang hanya sekadar keinginan.

Ya Moms, pengelolaan keuangan yang baik seharusnya bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga, mulai dari makanan hingga biaya pendidikan anak. Oleh sebab itu, sebagai seseorang yang biasanya bertugas mengatur keuangan rumah tangga, ibu harus paham bagaimana cara mengelola finansial. Dengan mulai mengetahui dan mengaplikasikan cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros bisa membantu Anda untuk memiliki arus keuangan yang lebih sehat. Jadi, dengan mengelola secara teratur Anda bisa lebih meminimalisir kemungkinan terjebak dalam utang. Hal ini juga berdampak pada keamanan status iDebt Anda di SLIK OJK. Agar pengeluaran keluarga terkontrol dengan baik sebaiknya kamu membuat rencana belanja bulanan dan menyiapkannya dari bulan sebelumnya.

Mengatur keuangan

Padahal hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan memproteksinya. Selain asuransi kesehatan, merawat diri dengan perlindungan jiwa alias asuransi jiwa juga harus dilakukan. Mengatur keuangan identik dengan menabung dan berhemat untuk orang-orang dengan gaji yang kecil. Tidak hanya itu, sekarang ini kamu juga perlu berinvestasi untuk tabungan jangka panjang.

Hal-hal seperti perbaikan mobil, operasi, dan kematian dalam keluarga akan terjadi. Memiliki dana darurat mempersiapkan Anda untuk menghadapi situasi-situasi tersebut secara finansial. Jika memiliki rumah sendiri, Anda dapat menyisihkan sebagian dari gaji untuk membuat tabungan atau berinvestasi. Jika masih lajang, Anda dapat menyewakan kamar di rumah untuk 1 atau 2 orang teman. Pengaturan keuangan sangat penting untuk menjamin peningkatan kualitas hidup dimasa depan.

Kebiasaan menggunakan kartu kredit sembarangan akan membuat boros dan memberikan konsekuensi keuangan yang serius, jangan sampai rumah tangga ribut karena hutang kartu kredit. Namun tidak jarang kebiasaan pengeluaran yang boros membuat Anda kesulitan untuk memenuhi kebutuhan mendekati akhir bulan. “Jika dalam 3-6 bulan terakhir kamu tak memiliki dana darurat, sebaiknya hentikan sementara kontribusi ke rekening pensiun,” ujar perencana keuangan bersertifikat di Betterment, Nick Holeman. Selanjutnya adalah mengalokasikan keuntungan tersebut dengan baik. Atur keuntungan tersebut dan bagi ke beberapa pos berdasarkan catatan yang kamu punya. Berapa persen untuk dana cadangan, berapa persen untuk produksi, berapa persen untuk modal, gaji karyawan, dan sebagainya.