Pengertian Manajemen Kinerja, Tujuan, Manfaat, Prinsip & Prosesnya

Melakukan persaingan yang sehat dengan mengedepankan keunggulan produk dan layanan yang bermutu. 3) Perlu diberikan penghargaan bagi guru dan kelompok guru yang memperlihatkan kinerja baik selama mengajar. Belajar dengan diikuti suatu kegiatan yang menarik seperti menyanyi, bercerita, menggunakan media, dan tidak monoton. Penghargaan dibutuhkan juga dalam belajar untuk memberikan motivasi kepada seseorang. Penghargaan dalam belajar dapat berupa hadiah,pujian, nilai yang baik, dll. Dengan adanya harapan dan cita-cita masa depan yang harus dicapai sehingga menimbulkan motivasi dan dorongan dari dalam diri untuk belajar dan berusaha melakukan yang terbaik demi tercapainya tujuan dan cita-cita tersebut.

Dibutuhkan jenis program pelatihan dan pengembangan yang tepat untuk masing-masing kebutuhan karyawan. Integritas tinggi pada hakekatnya bermakna mempuyai kepribadian utuh tidak tergoyahkan, yang terwujud pada sikap setia dan tangguh berpegang pada nilai- nilai atau norma- norma yang berlaku dalam melaksanakan tugas. Integritas tinggi akan mendorong terbentuknya pribadi yang berani menolak godaan dan segala bentuk intervensi, dengan mengendapkan tuntutan hati nurani untuk menegakkan kebenaran dan keadilan, dan selalu berusaha melakukan tugas dengan cara-cara terbaik untuk mencapai tujuan terbaik. Dengan adanya tujuan pribadi, perusahaan dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan motivasi karyawan untuk memberikan kontribusi yang optimal. Kontribusi seluruh elemen sumber daya manusia dalam pelaksanaan tugas secara optimum membuat tujuan perusahaan akan mudah dicapai. Depdiknasmenyatakanpenilaiankinerjagurusebagai bagian dari kegiatan pembelajaran harus mampu memberikan informasi yang dapat membantugurumeningkatkankemampuanmengajarnyadalam rangkamembantu siswa mencapai perkembangan pendidikan secara optimum.

Pemikiran Max Weber yang yelah dikupas tuntas oleh Martin Albrow menjelaskan bahwa Weber tidak pernah mendefinisikan birokrasi. Biasanya ia telah diasumsikan membuat definisi tersebut dan kegagalannya untuk membuat demikian bertentangan dengan usahanya untuk mendefinisikan konsep-konsep analisis organisasi lain. Memang jelas bahwa Weber tidak menganggap istilah �birokrasi� sebagai bahasa ilmu sosial. Birokrasi campuran, menurut Zauhar merupakan tipe birokrasi hasil kontak yang terbatas antara birokrasi dengan masyarakat. Kontak yang agak terbatas tersebut dapat diawali dengan masuknya individu ke dalam jajaran birokrasi pemerintahan guna mengurangi kelemahan birokrasi, seperti kekurangmampuan birokrasi lama untuk merencanakan, statistik, industrialisasi dan lain lain.

Memperhatikan kinerja pribadi

Birokrasi berfungsi untuk mempertahankan privilage dan established order bagi kepentingan kelas kapitalis. Perwira Tentara, Pendeta, Manajer Pabrik semuanya adalah pejabat yang menghabiskan waktunya untuk menginterpretasikan dan memindahkan instruksi tertulis. Dengan menyatakan hal ini Weber telah hampir sampai pada definisi umumnya yang dikenakan terhadap birokrasi. 2.Birokrasi dipandang sebagai bentuk organisasi yang membengkak dan jumlah pegawai yang besar. Pengguna jasa juga seringkali tidak kooperatif maksudnya yaitu bahwa kadangkala pengguna jasa menghalalkan segala cara untuk menyelesaikan urusannya meskipun melanggar peraturan.

Dengan demikian, akan terwujud sikap pribadi yang tidak berpihak terhadap setiap orang baik dalam persidangan maupun diluar persidangan. Salah satu cara untuk membantu anda dalam melakukan penilaian kinerja karyawan adalah dengan menetapkan goal / KPI . Keseimbangan kehidupan kerja yang kurang baik akan menyebabkan kamu kurang memiliki waktu untuk diri sendiri dan juga dengan orang-orang yang kamu sayangi. Terlalu banyak bekerja akan menyebabkan kelelahan yang membuatmu menggunakan waktu untuk beristirahat daripada bersosialisasi. Laporan dari The World Happiness menjelaskan bahwa kita perlu bersosialisasi agar bahagia dan lebih positif tentang kehidupan, karier, serta hubungan kerja. Dilansir dari inc.com, kebahagiaan dapat meningkatkan produktivitas, mendorong peningkatan kolaborasi sosial, kreativitas, dan ide.

Berintegritas Tinggi bermakna mempunyai suatu kepribadian yang utuh yang tidak tergoyahkan, yang diwujudkan dengan sikap setia dan berpegang pada nilai dan norma yang berlaku dalam melaksanakan tugasnya sebagai hakim dalam melayani pihak-pihak pencari keadilan. Jadi dapat dikatakan bahwa integritas adalah suatu sikap dan perilaku konsisten untuk menjunjung tinggi etika kerja dan etika profesi. Integritas mensyaratkan adanya godaan atau peluang untuk melakukan perbuatan tercela. Namun orang yang berintegritas tidak melakukan perbuatan tercela tersebut karena ia memiliki keyakinan akan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai luhur di lingkungannya.

Ketika mendekati karyawan Anda, pastikan bahwa Anda menjaga profesionalisme Anda dan sebisa mungkin bersikap tenang. Kemukakan alasan Anda yang menyebabkan Anda berpikir bahwa ia memiliki kinerja buruk dan tunjukkan temuan-temuan Anda. Sebelum membuat rencana untuk mengatur dan mengubah karyawan yang berkinerja buruk tersebut, Anda harus mendekati karyawan Anda untuk mengenali dan memahami akar masalahnya.

Fenomena ini biasanya terjadi karena penilai sudah memiliki satu kondisi perfect atau satu profil karyawan tertentu yang dianggap kinerjanya paling perfect. Tanpa melihat standar kinerja yang ditetapkan bagi karyawan, penilai langsung memberikan penilaian timnya dengan membandingkannya terhadap hal-hal di atas. Efisiensi menyangkut pertimbangan tentang keberhasilan organisasi pelayanan publik mendapatkan laba, memanfaatkan faktor-faktor produksi serta pertimbangan yang berasal dan rasionalitas ekonomis. Responsibilitas menjelaskan apakah pelaksanaan kegiatan organisasi publik itu dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip administrasi yang benar atau sesuai dengan kebijakan organisasi, baik yang eksplisit maupun implisit .

Langkah tersebut dapat membantu Anda untuk tidak menciptakan copy-an dari diri Anda sendiri, dan meminimalisir diri Anda dikelilingi orang yang tidak menyukai Anda. Untuk memotivasi dan menginspirasi karyawan, strategi kepemimpinan adalah tentang memberdayakan orang lain untuk melakukan yang terbaik, serta menghadapi tantangan baru. Situasi sulit tersebut atau apa pun masalahnya, ada baiknya membiarkan mereka mengambil tantangan tersebut.

Jika Anda tidak tahu arah yang tepat dari perusahaan, juga tidak peduli seberapa banyak berkomunikasi dengan karyawan dan tim mengenai kinerja individu mereka. Bukan hal yang tak mungkin jika mereka akan gagal ketika harus membuat keputusan dan mengambil tindakan. Persiapkan prinsip dengan baik, atur tenggat waktu atau deadline, rencana yang matang atas sebuah produk, ulasan kinerja tim, dan ciptakan struktur, maka proses dapat dengan mudah berjalan.