Tesla Butuh Pemimpin Selain Elon Musk

Apapun jenis kepemimpinan yang diterapkan dalam bisnis, pemimpin yang efektif memiliki sifat-sifat yang dapat berkontribusi terhadap berkembangnya suatu bisnis. Pertama, seorang pemimpin yang efektif harus terus berinovasi dalam membangun suatu nilai dan penerapan dalam bisnis, tidak terus berpaku pada cara-cara yang konvensional. Kedua, seorang pemimpin yang efektif harus menginspirasi dan memotivasi semua orang dalam perusahaan untuk mencapai visi yang ingin dituju bersama. Ketiga, seorang pemimpin harus bisa menjadi teladan yang baik bagi para pekerjanya. Hal ini memotivasi para karyawan untuk ingin terus meningkatkan kemampuan dan kinerja dalam diri mereka.

Manajemen puncak terdiri atas Dewan Direktur atau Eksekutif, Presiden Direktur, Direktur, Kepala Perwakilan, dan Kepala Divisi. Menurut Zohar dan Marshall, Kecerdasan Spiritual adalah landasan yang diperlukan untuk memfungsikan Kecerdasan Intelektual dan emosional secara efektif. Sebaliknya, hal yang harus dilakukan seorang pemimpin yang benar yaitu harus bisa menciptakan komunikasi yang baik dengan tim atau orang yang dipimpinnya demi mencapai visi dan misi yang telah ditentukan. Komunikasi di sini artinya komunikasi dua arah, sehingga bawahan bisa menyampaikan pendapat dan bukan sekadar menerima perintah.

Mempimpin sebuah kelompok

Menjadi pemimpin tak semudah yang dibayangkan orang, ia harus siap lahir dan batin. Seorang pemimpin adalah sosok figur yang didambakan masyarakat atau pengikutnya atau bawahannya, karena itu setiap langkah dan perilakunya harusnya menjadi teladan dan patut diteladani. Seorang pemimpin adalah seorang yang memiliki kemampuan di atas pengikutnya, bawahannya atau masyarakat pada umumnya. Singkatnya seorang pemimpin harus memiliki kelebihan atau nilai positif dibandingkan dengan yang lainnya.

Israel, yang memimpin dunia dengan peluncuran vaksinnya yang cepat, telah menghadapi kritik karena tidak berbuat lebih banyak untuk memastikan akses vaksin bagi Palestina di wilayah yang direbutnya dalam perang 1967. Masih mengacu ke pernyataan tersebut, dosis vaksin Pfizer-BioNTech yang dialokasikan akan segera kadaluwarsa, karena itu disetujui untuk dikirim ke Palestina. Selain itu, Israel menyatakan bahwa stok vaksin yang dimiliki negara itu cukup untuk “memenuhi kebutuhannya hari ini”. Terlepas dari saran kesehatan saat ini, orang dapat meminta vaksin AstraZeneca jika mereka berusia di bawah 50 tahun selama orang tersebut memahami dan mau menerima risikonya. Letnan Jenderal John Frewen, yang ditunjuk untuk memimpin program vaksinasi nasional di Australia, mengatakan ketika ATAGI pertama kali membuat aturan dan syarat penerima vaksin AstraZeneca, jumlah warga yang terdampak hampir setengah populasi Australia.

Karakter dan kompetensi seorang pemimpin sangat mempengaruhi sebuah pola pikir dan etos kerja orang lain yang dipimpin atau kelompok organisasi yang berada dalam naungan pemimpin itu sendiri. Namun secara pada dasarnya sebuah kompetensi tidak melulu tentang intelegensi atau kepintaran yang bisa dilihat dari sebuah indeks prestasi, tetapi terdapat pada sebuah korelasi antara karakter dan kompetensi itu sendiri. Oleh karena itu, kepiawaian seseorang dalam memimpin dinilai pada karakter dan kompetensinya. Dalam menjalankan fungsi ini, pemimpin berusaha mengaktifkan orang-orang yang dipimpinnya, baik dalam keikutsertaan mengambil keputusan maupun dalam melaksanakannya. Partisipasi tidak berarti bebas melakukan semaunya, tetapi dilakukan secara terkendali dan terarah berupa kerja sama dengan tidak mencampuri atau mengambil tugas pokok orang lain.

Saat anggota tim memilik kinerja yang baik, maka Anda harus memberi tahu dan mendorong mereka. Selain berkomunikasi dalam sebuah kelompok, penting juga untuk bisa terhubung secara individu dengan setiap anggota tim Anda. Langkah pertama yang perlu dilakukan agar Anda dan anggota tim bisa bekerja sama dengan baik adalah mulai mengembangkan hubungan baik dengan mereka terlebih dahulu. Pemimpin dapat menggunakan pengaruh, dengan kata lain para pemimpin tidak hanya dapat memerintah bawahan apa yang harus dilakukan, tetapi juga dapat mempengaruhi bagaimana bawahan dapat melaksanakan perintahnya. Misalnya, seorang chief dapat mengarahkan bawahan untuk melaksanakan tugas tertentu, tetapi dia dapat mempengaruhi bawahan dalam menentukan cara bagaimana tugas itu di laksanakan dengan tepat.

Kunjungi dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony. Jika Anda masih belum yakin untuk menggunakan aplikasi pembukuan dalam kegiatan keuangan perusahaan, maka Anda dapat mencoba Free Trial dari Harmony selama 30 hari dengan klik disini. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, saat ini tersedia solusi untuk memudahkan kesulitan yang dihadapi oleh pelaku usaha. Yakni dengan menggunakan aplikasi pembukuan seperti Harmony yang dibuat untuk mempermudah aktivitas pencatatan keuangan. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar menjadi seorang chief yang sukses. Dari segi komunikasi, pemimpin cenderung menggunakan komunikasi verbal, sedangkan manajemen cenderung menggunakan komunikasi tertulis.