Memaksimalkan Bisnis Kreatif Dan Sosial

JAKARTA, KOMPAS — Konsistensi pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM berbasis mikro menjadi kunci pemulihan usaha jasa pariwisata dan ekonomi kreatif. Oleh karena itu, masa pemberlakuan PPKM, 22 Juni-5 Juli 2021, bisa dipakai pelaku usaha melengkapi fasilitas protokol kesehatan serta sertifikasi kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan. Sebagai platform destinasi video singkat yang diminati di Tanah Air, TikTok coba mengangkat topik pemanfaatan platform digital ini untuk memberdayakan UKM melalui program #MajuBarengTikTok. Program ini terdiri dari rangkaian kelas online free of charge yang melibatkan para ahli di bidang pemasaran dan kreasi konten untuk memberikan materi yang relevan, agar bisa dimanfaatkan para UKM dalam mengembangkan bisnis.

Kemudian, mulailah menjalin kerjasama dengan toko provider supaya memiliki produk untuk dipromosikan melalui sosial media atau e-commerce dan mendapatkan keuntungan penjualan. Pelajar yang mengikuti kompetisi ini akan diuji memaparkan ide dan pengalamannya berwirausaha. Selain itu, dinilai juga kemampuan dalam strategi bisnis, analisis pasar, analisis persaingan, dan pengelolaan hubungan pelanggan. Memiliki bisnis di bidang ini sebenarnya juga merupakan bentuk investasi yang menjanjikan. Apalagi menurut sebuah penelitian, perkembangan industri kreatif masih akan terus berlanjut sampai beberapa dekade ke depan selama dukungan pemerintah senantiasa tersedia.

Belakangan, media sosial dihebohkan tren viral sujud ‘freestyle’ yang meresahkan. Tidak patut karena ibadah dijadikan bahan bercandaan, dan meresahkan karena risikonya bisa sangat fatal. Tren yang diramaikan bocah-bocah cilik ini disebut-sebut dilakukan saat salat taraweh. Yang lebih eksklusif kita bisa membuatkan banner khusus untuk orang atau perusahaan yang mau menaruh iklannya di web site kita. Banner tersebut nanti dapat kita tempelkan di dalam artikel, akhir artikel, side bar, header dll. Membuat ulasan artikel tentang produk yang mau beriklan atau dibuatkan ulasan.

Dari tiga hal ini, bagi seorang wirausahawan saat situasi tidak sangat menguntungkan tetap harus mencari solusi agar usaha tidak terus merugi. Kreativitas dan inovasi dalam bisnis, tidak hanya bagaimana dalam produk, akan tetapi juga sampai pada cara menjual atau menyampaikan produk kepada pelanggan. Kegiatan ini cukup menyenangkan, karena selain hemat, menyehatkan juga efektif mencegah stress serta kebosanan. Alasan inilah yang membuat permintaan akan sepeda olahraga menjadi meningkat, momen inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai ide bisnis kreatif yaitu menjual sekaligus merakit sepeda menjadi siap pakai. Penjualan dapat dilakukan secara online ataupun offline, tak hanya unit baru sepeda bekas pakai juga dapat di recycle sehingga bisa digunakan kembali.

Bisnis Kreatif

Ide bisnis kreatif modal minim yang pertama adalah dengan berbisnis produk daur ulang. Terlebih, di ide bisnis ini kamu tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Menggunakan desain bentuk tas fasion luar negeri, Anda bisa adaptasi tas rotan untuk menjadi replika tas tersebut. Hal ini tentu unik karena tas fasion terbuat dari bahan kerajinan masih belum umum di Indonesia.

Ide bisnis tersebut harus dapat menyesuaikan dengan keadaan saat ini yaitu mengedepankan sosial distancing. Selain itu produk atau jasa yang ditawarkan merupakan kebutuhan yang tidak terpengaruh oleh isu resesi ekonomi yang akan melanda perekonomian Indonesia. Bayangkan, ide bisnis kreatif ini bisa menjadi satu marketplace sendiri. Intinya, bukan lantas Anda harus ke kamar mandi untuk menemukan ide bisnis yang kreatif. Tetapi luangkanlah waktu untuk bersantai, termasuk meletakkan smartphone sejenak.